Sabtu, 02 April 2011

Tehnik Vocal - Menambah Range Vocal Anda

Nah setelah artikel sebelumnya mengenai keterbatasan vocal anda, maka artikel ini akan membahas cara mengatasinya, sekaligus merupakan kiat atau cara kita untuk melatih / latihan vocal anda setiap saat.
Cara latihan ini merupakan tips atau trick melatih vocal anda secara mendasar, sederhana bahkan caranya kadang dirasakan lucu , tapi faktanya hasilnya sungguh luar biasa, banyak penyanyi memperoleh kemajuan yang luar biasa melalui latihan ini, termasuk saya. Pengalaman saya berlatih dengan cara / metode ini hanya selama 3 minggu membuat range suara saya bertambah, sehingga membuat saya semakin percaya diri dalam bernyanyi, bahkan bernyanyi dengan bebas dan nyaman dalam segi jangkauan suara maupun jenis musiknya.


Nah inilah 3 cara latihan dasar ini.



SUARA CEMPRENG / SUARA BAYI - Pasti sering mendengar seorang bayi menangis: uwaaa.....uwaa...., nah tirulah jenis suara seperti ini dengan mengucapkan: NEY atau HEY atau MEY dengan menggunakan nada dari DO ke DO (tinggi) kembali lagi ke DO semula dengan diayun, demikian diulang setiap pengulangan nada dasarnya dinaikan 1/2 nada, sampai ke jangkauan suara tertinggi yang bisa anda capai.


LIPS TRILL / MENGGETARKAN BIBIR - Walaupun sulit menjelaskan hal ini, semoga anda bisa memahaminya. Cobalah menggetarkan bibir anda atas dan bawah yang akan menghasilkan suara brrrrr......, cobalah dengan sedikit lebih lama dan jangan sampai terputus, jika dirasa sulit, bantuan dengan menekankan ibu jari dan telunjuk jari anda dikedua ujung bibir anda, nah lebih mudah bukan melakukannya sekarang, bunyikanlah dengan nada yg sama seperti diatas berulang kali.


SUARA MOBIL / MOTOR - Apalagi ini ya kok aneh-aneh he he he, sebetulnya cara ini sering atau banyak digunakan di sekolah atau kursus vocal lainnya, tetapi caranya disederhanakan saja. Sering disebut orang sebagai HUMING. Caranya Mudah, katupkan mulut anda lalu bunyikan suara "mmmmmm", nah mudah bukan, rasakan getaran atau resonansi di seputar wajah anda. Lakukan hal ini dari jangkauan nada rendah yang bisa anda capai lalu bergerak ke jangkauan nada tinggi yang bisa anda capai dan kembali lagi ke jangkauan nada rendah tadi, suaranya akan seperti mobil atau motor yang dimainkan gas nya di arena balap. Lakukanlah berulang kali hingga dirasakan jangkauan nada anda semakin bertambah.
Contoh cara latihan lihat disini


SUARA SIRENE - Nah yang lucu satu lagi ini hampir sama dengan suara mobil/motor diatas, cuma yang akan kita sebutkan adalah "NG". Caranya buka mulut anda lalu sebutkan NG segera tutup kembali mulut anda dan biarkan suara tersebut tetap berbunyi, lakukan hal ini seperti diatas, maka akan dihasilkan suara seperti suara sirene. Lakukanlah beberapa kali.


Masih ada beberapa tricks atau tips lainnya, tapi yang terutama dan terpenting adalah 4 hal di atas tersebut, Jika anda melakukan dengan rutin setiap hari dengan benar, maksudnya dalam melakukannya harus dengan rileks, tidak memaksakan pita suara anda bekerja keras, dipastikan anda akan mendapatkan hasil yang akan membawa anda ketingkatan berikutnya dalam kwalitas suara anda.




Selamat berlatih, semoga sukses.

1 komentar:

teknologi komputer mengatakan...

Kalo humming caranya gimana gan?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates